Sosialisasi Rehabilitasi Mangrove di Kawasan Wilayah Utara Banten

Pohon mangrove merupakan salah satu vegetasi yang populer diterapkan dalam hal penataan rehabilitasi kawasan pesisir. Beberapa fungsi pohon mangrove diantaranya yaitu sebagai fungsi fisik, kimia, biologi serta ekonomis. Fungsi fisik diantaranya yaitu melindungi pantai dan tebing sungai dari abrasi dan erosi, menahan sedimentasi sevara periodik serta penyangga proses intrusion atau rembesan air laut ke darat.

Berkaitan dengan penting nya peran dan fungsi Mangrove, Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Utara Banten mengadakan kegiatan Sosialisasi Rehabilitasi Mangrove di Kawasan Wilayah Utara Banten. Acara yang dibuka oleh Ibu Eli Susiyanti selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten ini dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2021 di Saung Kawasan Hutan Lindung Perum Perhutani Tanjung Burung Kabupaten Tangerang. Peserta kegiatan ini terdiri dari kelompok masyarakat Mangrove Jankr, Stacia Hijau dan Pesanggem. pada kegiatan ini juga dilakukan simbolis penanaman mangrove, dimana pada tahun 2021 melalaui KCD Utara Banten akan menargetkan penanaman pohon mangrove sebanyak 10.000 unit bibit.

Tujuan kegiatan ini adalah :

  1. Menyelaraskan kegiatan rehabilitasi mangrove dengan stakeholder terkait di wilayah utara banten;
  2. Menyediakan stock ketersediaan bibit mangrove untuk penanaman di wilayah utara banten;
  3. Pemberdayaan masyarakat pesisir melalui kelompok pengelola mangrove;
  4. Menyampaikan informasi kepada masyarakat mengenai fungsi dan peran mangrove bagi kawasan pesisir khususnya di wilayah utara banten.