Rehabilitasi Wilayah Pesisir dengan Penanaman Pohon Butun di Banten Selatan

Rehabilitasi Wilayah Pesisir dengan Penanaman Pohon Butun di Banten Selatan

Butun atau keben merupakan jenis pohon yang tumbuh di pesisir pantai wilayah tropis. Butun sebutan orang sunda untuk tanaman Barringtonia asiatica Kurz. Tanaman ini memiliki batang kuat, terbukti dari kejadian tsunami Cilacap 2006 yang menumbangkan seluruh pohon terkecuali pohon Butun. Hal ini yang melatarbelakangi pemilihan pohon Butun sebagai tanaman pemecah gelombang untuk rehabilitasi wilayah pesisir Banten Selatan.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten melalui Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan melaksanakan rangkaian penanaman pohon Butun dan vegetasi lainnya sebagai upaya mitigasi bencana pesisir pantai selatan pada tanggal 9 Juni 2022di Pantai Cimandiri Laut Desa Situregen serta tanggal 23 Juni 2022 di di danau Talanca, Desa Cilangkahan, Kecamatan Malingping sebanyak 1.000 pohon butun.

Kegiatan penanaman yang berlokasi di pantai Cimandiri Laut, Desa Situregen bertepatan untuk memperingati hari Kesaktian Pancasila dan Peringatan Hari Laut Sedunia bersama Komunitas Peduli Pantai dan Laut Banten Selatan serta beberapa stakeholder seperti Kepala Desa dan Karang Taruna setempat. Pelaksanaan kegiatan penanaman ini secara tidak langsung diharapkan memberikan kesadaran dan pembelajaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem pantai. Kegiatan ini juga harus terus ditanamkan kepada generasi penerus untuk mendukung kehidupan masyarakat dimasa mendatang.