Tingkat Konsumsi Ikan Di Banten Tertinggi Di Pulau Jawa

Meskipun setiap tahunnya tingkat konsumsi ikan di Banten terus mengalami peningkatan. Namun, angka konsumsi ikan di Banten masih di bawah angka rata-rata nasional.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Banten Maysaroh Mawardi mengatakan, berdasarkan data DKP tingkat gemar ikan di Banten setiap tahunnya cenderung mengalami kenaikan, terbukti di tahun 2011 pemerintah pusat menargetkan sebesar 23,79 kilogram/kapita/tahun dan terealisasi 24,24 kilogram/kapita/tahun, dengan capaian 101,8 persen.

Kemudian di tahun 2012, tingkat konsumsi ikan di Banten ditargetkan sebesar 25,09 kilogram/kapita/tahun, dan terealisasi 25,33 kilogram/kapita/tahun. Angka ini tercapai 100,95 persen.

“Di tahun 2013 ini pemerintah pusat kembali menaikan target tingkat konsumsi ikan di Banten sebesar 27,10 kilogram/kapita/tahun, mudahan-mudahan hal ini bisa tercapai,” kata Maysaroh yang didampingi Sekretaris DKP Banten Ade Purnama, dan Kabid Bina Usaha DKP Banten Ade Burhanudin dalam Rapat Koordinasi Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Banten, di aula DKP Provinsi Banten, Selasa, (18/6).

Menurut Maysaroh, bahkan tingkat konsumsi ikan di Banten tertinggi di Pulau Jawa. Namun, kendati tingkat konsumsi ikan di Banten tertinggi di Pulau Jawa, angka tersebut masih jauh di bawah angka rata-rata nasional. Di mana tahun 2011 tingkat konsumsi ikan ditargetkan sebesar 31,57 kilogram/kapita/tahun dan terealisasi sebesar 32,25 kilogram/kapita/tahun.

Kemudian di tahun 2012, tingkat konsumsi ikan nasional ditargetkan sebesar 33,14 kilogram/kapita/tahun dan tercapai 33,89 kilogram/kapita/tahun. Pada tahun 2013 ini ditargetkan sebesar 35,14 kilogram/kapita/tahun.

“Kita harapkan di tahun 2013 angka konsumsi ikan di Banten bisa naik, kita akan menggandeng seluruh stake holder di Banten, sehingga tingkat konsumsi ikan di Banten terus meningkat,” katanya.

Dijelaskan Maysaroh, salah satu upaya meningkatkan tingkat konsumsi ikan di Banten DKP memiliki kewajiban untuk melakukan gerakan memasyarakatkan makan ikan dari tingkat kabupaten/kota hingga provinsi. Oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan DKP adalah membentuk Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Banten, hingga Forikan tingkat kabupaten/kota. Tujuan dibentuknya Forikan ini adalah selain untuk meningkatkan konsumsi ikan di Banten, juga untuk meningkatkan gizi masyarakat.

“Sebagaimana kita ketahui, ikan merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung berbagai macam zat nutrisi, dan sebagai salah satu sumber protein hewani, ikan mengandung zat gizi yang sangat dibutuhkan manusia baik dalam pertumbuhan maupun perkembangannya,” katanya.

Maysaroh menambahkan, untuk meningkatkan konsumsi ikan di Banten ini, DKP menggandeng tim Penggerak PKK Provinsi Banten. Karena PKK dinilai sebagai ujung tombak masyarakat dalam berperan memasyarakatkan makan ikan, dimulai dari tingkat yang terkecil yakni keluarga, RT, RW, desa/kelurahan hingga kecamatan.

“Kita harapkan dari ibu-ibu PKK bergerak aktif dan bisa mensukseskan dalam mensosialisasikan gerakan makan ikan di Banten. Sehingga, gerakan makan ikan ini juga bisa digalakkan di restoran-restotan, hotel-hotel, kantin-kantin perusahaan agar bisa mengkonsumsi ikan, tidak hanya telur, daging dan ayam saja,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Banten Pipih Muhadi mengatakan, makan ikan itu sangat tinggi gizinya. Pihaknya akan mensosialisasikan gerakan makan ikan tidak hanya di kalangan masyarakat. Bahkan, ke depan PKK akan menggelar kegiatan makan ikan yang dialokasikan tidak hanya dari dana APBD. Namun PKK akan mencari sponsor dari perusahaan swasta melalui dana corporate social responsibility (CSR)

“Saya juga berharap ke depan, program gerakan makan ikan ini bisa diintegritasikan dengan SKPD lainnya, sehingga kegiatan tidak dilakukan sendiri-sendiri,” katanya.  (Sumber:  Banten Today)

Berita Lainnya

DKP Banten Melatih 40 Orang Masyarakat Pesisir
  • By : Jaka Putra Kelana
  • on : 23 Mar 2018
  • 552 views
Selama 3 Tahun Terakhir Ekspor Perikanan Banten Tumbuh Pesat
  • By : Admin DKP
  • on : 11 Aug 2016
  • 1400 views
HARGA IKAN JELANG PUASA DAN AWAL RAMADHAN STABIL
  • By : Erwin Suryana, M.M.Pi
  • on : 08 Jun 2017
  • 1190 views
Manfaat Kartu Nelayan
  • By : wulan
  • on : 28 Nov 2014
  • 1607 views