IWAK BANTEN

 Press Release

SENTRA PEMASARAN PRODUK PERIKANAN

  ( Fishery Product Marketing Centers )

 “IWAK BANTEN”

                            

 

 

  1. Pada akhir RPJM kedua ini dan menatap RPJM ketiga tahun 2015-2019, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tetap memberikan perhatian serius pada masalah ketahanan pangan dan gizi (nutrisi) nasional.  Oleh karena itu, upaya membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat agar gemar mengonsumsi ikan, yang diikuti dengan memperbanyak ketersediaan ikan serta  menjamin kemudahan akses mayarakat atas produk perikanan menjadi hal yang akan terus dilaksanakan oleh KKP. 

 

  1. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Ditjen Peningatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, KKP dengan Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga, BKKBN merupakan tindaklanjut dari MoU antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Badan Kependudukan dan  Keluarga Berencana Nasional  nomor 09/MEN-KP/KB/IX/2013 dan nomor 280/KSM/G2/2013 tanggal 26 September 2013 tentang Peningkatan Keluarga Sejahtera bagi Masyarakat Kelautan dan Perikanan. Perjanjian kerjasama yang dijalin kali ini fokus terhadap Pembinaan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan adalah upaya yang dilakukan KKP dalam rangka menggalang kemitraan dan partisipasi publik untuk membangun kepemilikan bersama atas upaya peningkatan konsumsi ikan nasional. Ke depan diharapkan terjadi akselerasi peningkatan konsumsi ikan.

 

  1. Data Badan Pusat Statistik  dari sensus penduduk Tahun 2010 Jumlah penduduk Provinsi Banten dan jumlah penduduk yang merupakan migran seumur hidup terus meningkat dari waktu ke waktu. mencatat 3 044 558 penduduk atau 28,6 persen penduduk merupakan migran masuk seumur hidup antar kabupaten/kota. Di Provinsi Banten Persentase migran masuk seumur hidup di daerah perkotaan 25,7 kali lipat lebih besar daripada di daerah perdesaan, masing-masing sebesar 41,1 dan 3,2 persen dan Laju pertumbuhan penduduk Provinsi Banten tahun 2014  : 2,3 % pertahun ini merupakan potensi konsumen produk perikanan

 

  1. Melihat  potensi perikanan,  produksi hasil perikanan baik budidaya dan tangkap  dan konsumsi ikan perkapita dari masyarakat banten yang terus meningkat   dan dengan memperhatikan jumlah penduduk Provinsi Banten dengan  laju pertumbuhan jumlah penduduk  2,3 % hal ini merupakan prospek sekaligus peluang yang membutuhkan peran pemerintah untuk mempromosikan dalam meningkatkan aktifitas perekonomian di masyarakat

 

  1. Melalui program  Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan dan Dinas kelautan dan Perikanan Provinsi Banten berusaha menyediakan  sarana dan prasarana yang berfungsi sebagai etalase pemasaran produk-produk perikanan dalam bentuk pangan berupa kuliner maupun non pangan berupa produk non biotek bernuansa perikanan maka dibangunlah Sentra Pemasaran Produk Perikanan  (Fishery Product Marketing Centers) di Kota Serang sebagai ibu kota Provinsi Banten yang di beri nama “ IWAK BANTEN’ diharapkan dapat mendorong minat masyarakat untuk “ Aku Suka Ikan “ ( I Like Fish )

 

  1. Sentra Pemasaran Produk Perikanan  ( Fishery Product Marketing Centers )  “Iwak Banten” merupakan wujud nyata peran pemerintah dalam penyediaan sarana sebagai media promosi dan pemasaran dari semua potensi perikanan untuk dinikmati masyarakat sehingga dapat merangsang pertumbuhan ekonomi yang berasal pemanfaatan potensi sektor kelautan dan perikanan  secara optimal karena menampilkan kuliner serba ikan, ikan hias,  cindramata hasil kerajinan kreatif dari kerang, kulit ikan dan yang bernuansa perikanan. Potensi lainnya adalah  sektor pariwisata yang akan memberikan alternatif pilihan  bagi wisatawan yang berkunjung ke serang untuk menikmati oleh-oleh Khas Banten yang bernuansa perikanan

 

  1. Penyediaan  fasilitas Outlet Pemasaran Hasil Perikanan Non Pangan lainnya yaitu penyediaan yaitu outlet ikan hias dan  ruang pamernya.  Seperti diketahui ikan hias adalah Salah satu sektor produk perikanan non pangan yang mempunyai potensi cukup besar karena ikan hias memiliki daya tarik tersendiri untuk peminat ikan hias dan para pecinta ikan hias (hobiis) dan  kini  ada kecenderungan para pengusaha ikan pangan yang beralih pada usaha ikan hias karena usaha ini dapat diusahakan dalam skala besar maupun kecil atau skala rumah tangga, selain itu perputaran modal pada usaha ini relatif cepat.dan hal ini  seiring dengan peningkatan pendapatan masyarakat perkotaan yang mulai tertarik pada ikan hias sebagai sarana hiburan dan rekreasi

 

  1. Keberadaan Sentra Pemasaran Produk Perikanan “IWAK BANTEN’ di Kota Serang  diharapkan mampu menjadi IKON baru pembangunan sektor Kelautan dan  Perikanan di Provinsi Banten sehingga dapat menstimulan pasar  akan  permintaan produk perikanan  dan akan memacu di sektor hulunya  yaitu perikanan tangkap dan budidaya untuk terus berproduksi  secara optimal dan disektor hilir untuk terus berkreasi, berinovasi melalui diversifikasi produk yang memenuhi standar,  sehingga mampu bersaing sekalipun dengan produk impor, mengingat dengan diberlakukannya pasar terbuka Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau Asean Economic Community (AEC) hal itu menjadi tantangan tersendiri yang harus hadapi demi untuk  meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sektor kelautan dan perikanan Provinsi Banten.

Hal ini sesuai dengan Visi Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten :TERWUJUDNYA USAHA KELAUTAN DAN PERIKANAN YANG MAJU DAN BERDAYA SAING UNTUK MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH.

Berita Lainnya

RAPAT PEMBAHASAN PENETAPAN KELAS PELABUHAN PERIKANAN PROVINSI BANTEN
  • By : Jaka Putra Kelana
  • on : 21 Jul 2017
  • 198 views
Kota Tangerang Didorong Jadi Kawasan Minapolitan
  • By : wulan
  • on : 26 Nov 2013
  • 1287 views
Pemilihan Putra Putri Bahari 2017
  • By : Jaka Putra Kelana
  • on : 04 Oct 2017
  • 233 views
SPBN Tutup, DKP Panggil Pengelolanya
  • By : wulan
  • on : 21 Oct 2013
  • 321 views