Gerakan Bersih Pantai dan Laut

GERAKAN BERSIH PANTAI DAN LAUT

CINANGKA, 9 OKTOBER 2019

Gerakan Bersih Pantai dan Laut di Kecamatan Cinangka dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2019 yang merupakan rangkaian kegiatan HUT Provinsi Banten ke 19. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Banten (Dinas Kelautan dan Perikanan Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Perencanaan dan Pembangunan, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persadian, Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan, dan Satpol PP), Satuan Kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten, Pangkalan TNI-AL Banten, Majelis Ulama Indonesia Banten, Politenik Pelayaran Banten, Unit Penyelenggara Pelabuhan Labuan, Dinas Perikanan kota/kabupaten se-Provinsi Banten, Anggota Muspika Kecamatan Cinangka, Warga Desa Pasauran dan Umbul Tanjung, Siswa-siswa sekolah Desa Pasauran dan Umbul Tanjung, Kwartil Pramuka, Kelompok Masyarakat terkait, PT. Bank Negera Indonesia, PT. Asuransi Jasindo, PT. Krakatau Posco, dan PT. Lotte Chemical.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Bapak Ir. H. Suyitno, MM selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten yang mengapresiasi kegiatan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Banten yang ke-19. Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) sebagai bentuk kegiatan rutin yang dilaksanakan di Provinsi Banten dalam rangka meningkatkan pendayagunaan pesisir dan laut di Provinsi Banten. Ini merupakan salah satu bentuk edukasi akan pentingnya menjaga kelestarian ekosistem pantai dan laut.

Dalam kegiatan ini Bapak Asda II Provinsi Banten H. Engkos Kosasih Samanhudi, S.Pd,MM,M.Si menyampaikan bahwa pencemaran lingkungan disebabkan oleh masyarakat itu sendiri dengan menjadikan laut sebagai tempat pembuangan sampah sehingga menyebabkan beban pencemaran di laut yang menyebabkan menurunnya kualitas ekosistem laut di Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dapat merubah kondisi pesisir Banten menjadi bersih dan indah khususnya untuk meningkatkan kesadaran pelajar dan masyarakat sekitar akan pentingnya kelestarian dan kebersihan laut khususnya di Provinsi Banten. Selain itu, kegiatan ini sebagai bentuk upaya menyelamatkan kebersihan pantai dan laut di Banten dari sampah-sampah organik maupun sampah anorganik.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis kepada masyarakat dan pelaku usaha perikanan berupa Kartu Pelaku Usaha Bidang Kelautan Dan Perikanan (KUSUKA) dari Bank Negara Indonesia Cabang Serang, Penyerahan Kartu Asuransi Nelayan dari PT. Asuransi Jasindo, penyerahan Basic Safety Training (BST) dan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) dari Politeknik Pelayaran, Penyerahan Pas Kecil dari Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Labuan, penyerahan Buku Pencatatan Kapal Perikanan (BPKP), penyerahan Buku Kapal Perikanan (BKP), penyerahan Sertifikat Halal oleh MUI bagi pelaku produksi pengolahan hasil perikanan, bibit mangrove, cemara laut dan penyerahan alat kebersihan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) secara simbolis. Acara ini diakhiri dengan kegiatan bersih-bersih pantai oleh seluruh peserta yang hadir. Diharapkan dari kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan dan kelestarian sumberdaya pesisir dan laut yang ada di Indonesia khususnya di Provinsi Banten.

Artikel Lainnya

Usaha Budidaya Bandeng yang Bikin ‘Ngiler’ Para Pengusaha
  • By : administrator01
  • on : 22 Jun 2017
  • 1813 views
Gerakan Bersih Pantai dan Laut
  • By : Ershad Nugraha
  • on : 29 Oct 2019
  • 15 views
Cara Budidaya Udang Vaname Untuk Hasil Yang Terbaik
  • By : administrator01
  • on : 22 Jun 2017
  • 2705 views
Budidaya Ikan Kerapu Dalam Karamba Jaring Apung Di Pantai
  • By : administrator01
  • on : 22 Jun 2017
  • 4225 views
Kedubes Australia dan Menteri Susi Pudjiastuti Tabur Bunga di Selat Sunda
  • By : Jaka Putra Kelana
  • on : 01 Mar 2018
  • 486 views