Rapat Calon Penerima Hibah Sarana dan Prasarana Alat Penangkapan Ikan TA 2023

Rapat Calon Penerima Hibah Sarana dan Prasarana Alat Penangkapan Ikan TA 2023
Rapat Calon Penerima Hibah Sarana dan Prasarana Alat Penangkapan Ikan TA 2023

Sektor perikanan merupakan salah satu penggerak dan pemacu pembangunan, sekaligus sebagai kekuatan utama didalam mewujudkan pembangunan yang merata. Peranan sektor kelautan dan perikanan di Provinsi Banten kontribusinya sudah semakin nyata, baik sebagai penghasil pendapatan asli daerah (PAD) maupun sebagai sumber protein ikan yang diperlukan dalam usaha perbaikan gizi masyarakat, walaupun pendayagunaan dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada belum diusahakan secara maksimal. Permasalahan yang timbul selama ini dalam menjalankan pengelolaan sumberdaya perikanan tangkap di Provinsi Banten, selain berkaitan dengan kurang nya kemampuan melaut nelayan juga mengenai penggunaan alat tangkap yang di larang dan masih kurangnya modal dalam usaha perikanan tangkap baik dalam memperbaiki alat tangkap ataupun memperbaiki kapal.

 

Hal tersebut yang melatarbelakangi kegiatan pada hari Selasa tanggal  28 Juni  2022 mengenai Rapat Calon Penerima Hibah TA 2023 di aula Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten. Acara yang pembukaan nya dihadiri oleh Ely Susiyanti Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten ini mengundang peserta dari pejabat yang menanganin kenelayanan, Petugas tehnis, Penyuluh Perikanan dari Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang, Dinas Perikanan kabupaten Lebak, Dinas Perikanan kabupaten Tangerang, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Serang, Dinas Petanian Kota Serang, Dinas Perikanan Kota Cilegon serta perwakilan nelayan dari 22 KUB yang mengusulkan proposal bantuan sarana dan prasarana perikanan tangkap TA 2023.

 

Kegiatan bantuan sarana dan pasarana alat tangkap ikan TA 2023 ini diawali dengan pengajuan proposal di tahun sebelum usulan anggaran yaitu tahun 2022, mulai Januari sampai dengan bulan Mei minggu ke 2 (dua). Usulan proposal tersebut diinput secara online melalui ehibahbansos.bantenprov.go.id sampai dengan tanggal 20 Mei 2022, kemudian akan dilakukan verifikasi administrasi dan verifikasi lapangan oleh tim verifikasi.