Presentasi Monitoring Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik PPID Pembantu Provinsi Banten Tahun 2022

Presentasi Monitoring Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik PPID Pembantu Provinsi Banten Tahun 2022
Presentasi Monitoring Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik PPID Pembantu Provinsi Banten Tahun 2022

Pada hari Kamis 15 September 2022 bertepatan dengan pembukaan acara Gemarikan yang berlokasi di Kabupaten Lebak, Eli Susiyanti Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten memaparkan keterbukaan informasi badan publik terkait komitmen, koordinasi dan inovasi PPID Pelaksana Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten dalam mengelola pelayanan informasi publik yang berpedoman regulasi pusat maupun regulasi daerah. Pemaparan tersebut disampaikan pada kegiatan Monitoring Evaluasi Keterbukaan Infromasi Publik (KIP) Tahun 2022 melalui virtual meeting yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten menyampaikan bahwa komitmen yang dibangun pada PPID pelaksana antara lain maklumat pelayanan, penyerahan laporan tahunan layanan informasi publik, mengingatkan petugas PPID dalam melaksanakan tugas serta ringkasan-ringkasan pelayanan informasi publik. Sedangkan terkait inovasi, PPID Pelaksana Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten memiliki aplikasi Elog Book TPI. Aplikasi Elog Book TPI merupakan aplikasi pendataan produksi perikanan tangkap berbasis Pelabuhan Perikanan secara realtime dengan menampilkan informasi terkait jenis ikan hasil tangkapan, jenis alat tangkapan dan ukuran kapal perikanan.

Selain Dinas Kelautan dan Perikanan terdapat juga OPD yang teragendakan presentasi jadwal yang sama yaitu Satpol PP, Dinas Perpustakan dan Kearsipan, Dinas Parawisata, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Energi Sumberdaya Mineral, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Badan Penghubung, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi, Biro Umum serta Biro Pengadaan Barang dan Jasa. Dalam sesi presentasi para peserta hanya diberikan waktu kurang lebih 10 menit, setelah itu diarahkan oleh panitia untuk beralih room (break out room) dan akan ada sesi interview dengan para panelis dari KI. Agenda yang terlaksana dari pagi hingga sore hari itu, berjalan dengan baik dan penuh antusias dari para peserta yang terdiri dari PPID Pelaksana badan publik (OPD).