Peringati HUT TNI AL ke-77, TNI AL Laksanakan Gerakan Program Laut Bersih di 77 lokasi se Indonesia

Peringati HUT TNI AL ke-77, TNI AL Laksanakan Gerakan Program Laut Bersih  di 77 lokasi se Indonesia
Peringati HUT TNI AL ke-77, TNI AL Laksanakan Gerakan Program Laut Bersih  di 77 lokasi se Indonesia
Peringati HUT TNI AL ke-77, TNI AL Laksanakan Gerakan Program Laut Bersih  di 77 lokasi se Indonesia

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten mengikuti Gerakan Nasional Program Laut Bersih yang di laksanakan serentak di 77 titik se Indonesia yang di inisiasi oleh TNI AL bersamaan dengan HUT TNI AL ke-77 dengan menggandeng beberapa kementerian seperti Kemenkomarves, KKP dan Kemenhub. Kegiatan yang dilakukan di sepanjang Pantai Mabak, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kabupaten Cilegon ini dilaksanakan pada tanggal 7 September 2022.

 

Pelaksanaan Program Laut Bersih tersebut dilaksanakan serentak diseluruh jajaran TNI AL melalui Video Conference yang terpusat di Dermaga Mako Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta Utara yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E. M.M. dan dihadiri pejabat utama serta para tamu dan undangan lainnya. Gerakan Nasional Program Laut Bersih Provinsi Banten yang di pimpin oleh Komandan Pangkalan TNI AL  (Danlanal) Letnan Kolonel Dedi Komarudin ini diikuti oleh peserta antara lain Polres Cilegon, Kodim Cilegon, Dirpolairud, Basarnas, KSOP, Bea Cukai, Dinas Kelautan dan Perikana Provinsi Banten, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Banten, Saka Bahari, Camat Pulomerak, Lurah Mekarsari dan nelayan sekitar.

Kegiatan ini diharapkan sebagai media penyadaran bagi masyarakat terkait pentingnya menjaga kebersihan pantai dan laut. Adapun sarana yang digunakan dalam kegiatan tersebut diantaranya truk sampah dan sekoci karet. Selanjutnya, dari hasil Program laut bersih terkumpulkan berupa sampah-sampah batang kayu, plastik, botol minuman dan rumput – rumput dikumpulkan semuanya jadi satu di truk sampah.