Penandatangan Kerjasama Pengujian Mutu Hasil Perikanan

Penandatangan Kerjasama Pengujian Mutu Hasil Perikanan
Penandatangan Kerjasama Pengujian Mutu Hasil Perikanan
Penandatangan Kerjasama Pengujian Mutu Hasil Perikanan

 

Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan maka melahirkan tuntutan jaminan mutu produk perikanan yang akan dikonsumsi.  Dikaitkan dengan ekspor hasil perikanan maka kualitas dan mutu hasil perikanan menjadi sangat penting menentukan persaingan pasar, Negara pengekspor harus meningkatkan sistem pembinaan mutu  antara lain memperketat peraturan sesuai tuntutan konsumen.

Disamping  peningkatan sistem pembinaan mutu hasil perikanan maka peranan pengujian mutu produk hasil perikanan menjadi sangat penting. UPTD Pengujian dan Penerapan Mutu Hasil Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi pada tahun 2021 telah melakukan pengujian mutu produk hasil perikanan, baik untuk pasar lokal dan ekspor sebanyak 1195 kali pengujian.

Untuk menjamin keamanan mutu produk perikanan yang layak untuk dikonsumsi baik lokal dan ekspor, pada hari Rabu Tanggal 23 Februari 2022 telah dilakukan penandatangan kerjasama pengujian mutu hasil perikanan antara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten (Ibu Elly Susiyanti, SH, MH, MM) dengan Kepala Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Jakarta I (Bpk. Heri Yuwono, A.Pi, S.Pi, MP).

Pada kesempatan tersebut turut hadir Kepala UPTD. Pengujian dan Penerapan Mutu Hasil Perikanan Provinsi Banten (Bpk. H. Zainal Abidin, S.Sos, MM), pada kesempatan itu pula beliau berharap kegiatan penandatanganan kerjasama pengujian (MoU) dapat dilaksanakan dengan mitra lainnya baik dari unsur pemerintah maupun swasta, yang pada akhirnya ini akan menjadi nilai tambah pada perluasan uji lab dan masyarakat dapat menikmati makanan produk kelautan yang layak serta sehat, bagi Pemerintah Daerah Provinsi Banten sebagai peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Adapun perjanjian kerjasama pengujian mutu hasil perikanan tersebut meliputi : Pengujian Mikrobiologi (Total plate count, Escerichia coli, Coliform, Salmonella, Vibrio cholera, Staphylococus aureus, Vibrio parahaemolyticus), Pengujian Kimia (Total Padatan Terlarut/Total Dissolved Solid TDS Meter, Kesadahan/Total Hardness, Klorin/Chlorine,  Klorida/Chloride, Merkuri/Hg, Cadmium/Cd,  Tembaga/Cu, Timah hitam/Pb, Besi/Fe, Nitrat, Nitrit,  Phospat, Amoniat/NH4) dan Pengujian Fisika (pH Meter, Rasa dan Bau/Odor/Sensory Test,  Kekeruhan/Turbidity).