Kunjungan Kerja Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Banten ke DKP Provinsi Banten

Kunjungan Kerja Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Banten ke DKP Provinsi Banten
Penyerahan Cinderamata Bapak Yasarudin Deputi Direktur WIlayah Banten BPJS Ketenagakerjaan kepada Ibu Ely Susiyanti Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten

Bertempat di ruangan kerja Ibu Ely Susiyanti Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten yang berlokasi di Komplek Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug Serang Banten pada tanggal 27 Mei 2021 menerima kunjungan dari Bapak Yasarudin selaku Deputi Direktur Wilayah Banten BPJS Ketenagakerjaan. Kunjungan ini bermaksud menjajaki Implementasi Instruksi Presiden RI (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Sebagaimana diketahui, Inpres Nomor 2 Tahun 2021 tersebut bertujuan untuk para pejabat terkait dalam mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk melakukan optimalisasi pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan juga memberikan arahan dalam pendanaan untuk optimalisasi pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, anggaran pendapatan dan belanja daerah, dan sumber lain yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Peran pelaku usaha kelautan dan perikanan seperti nelayan memiliki tingkat resiko yang tinggi dalam hal keselamatan kerjanya. Atas dasar hal tersebut perlu adanya tindaklanjut penerapan perlindungan asuransi keselamatan kerja bagi pelaku usaha kelautan dan perikanan.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten terkait dengan keselamatan kerja telah merealisasikan dengan pemberian bantuan premi asuransi kepada nelayan dari tahun 2018-2019. Berdasarkan data dari bidang perikanan tangkap yang menangani kegiatan asuransi keselamatan nelayan tersebut, pada tahun 2018 diberikan premi asuransi nelayan untuk 6.926 orang dengan kabupaten pandeglang menerima premi asuransi nelayan terbanyak sejumlah 3.044 orang. Pada tahun 2019 realisasi premi asuransi nelayan sebanyak 1.261 orang dengan Kabupaten Serang menerima premis asuransi nelayan terbanyak sejumlah 688 orang.